Wednesday, March 29, 2017

Cara Setting Port Forwarding Modem ZTE F609 Untuk Winbox Mikrotik

sambilbaca.com, Untuk mempermudah monitoring jaringan anda baik itu rumah, kantor, warnet dan lainnya, anda harus melakukan instalasi forwarding pada Modem FO kalian, dengan mengaktifkan fitur ini maka tujuan perangkat yang akan dituju dapat dikenali dan diakses dari jaringan manapun.

Sedikit penjelasan tentang apa itu Port Forwarding, Port Forwarding adalah feature dari sebuah router dimana fungsi ini mampu membuka akses terhadap perangkat tertentu pada sebuah jaringan lokal untuk bisa diakses dari manapun ( internet ).

Selanjutnya bagaimana Cara Setting Port Forwarding Modem ZTE F609 Untuk Winbox Mikrotik, simak isi lengkap artikel ini :
1. Login ke Modem Zte F609 kalian dengan alamat ip kalian di web browser,
contoh : ( 192.168.0.1 ) input user dan password ( sekarang ini sudah ditentukan oleh Indihome yaitu, username = user, password = user ).
2. Buka menu Application >> Port Forwarding. isi data-data yang diminta, seperti contoh gambar dibawah :
Cara Setting Port Forwarding Modem ZTE F609 Untuk Winbox Mikrotik
Cara Setting Port Forwarding Modem ZTE F609 Untuk Winbox Mikrotik

  • Centang pada bagian Enable
  • Name = isikan nama 
  • Protocol = TCP and UDP
  • Wan Connection = omci_ipv4_pppoe_1
  • Wan Start port = 8291
  • Wan Endport = 8291
  • Lan Host Ip Address = isi dengan ip mikrotik contoh : (192.168.0.2 )
  • Lan Host Start Port = 8291
  • Lan End Start Port = 8291

Semua contoh diatas mulai dari port dan ip masih saya gunakan yang starndart, kalian bisa mengganti port mikrotik kalian dari pengaturan Mikrotik melalui Winbox, pada menu IP >> Service >> pilih Winbox.

Setelah semua langkah diatas di terapkan kamu tinggal melakukan uji coba remote mikrotik kamu dari jaringan lain dengan cara mengakses alamat ip public kamu.

Untuk dapat melakukan remote secara menetap kamu harus punya IP Public yang static apabila IP tersebut dynamic maka ini akan merepotkan kamu untuk melakukan remote dikarenakan ip yang selalu berubah dan mengharuskan kamu melihat ulang modem kamu untuk mengetahui IP Public tersebut.

Berhubung IP Static yang tersedia agak mahal, kamu tidak perlu pusing untuk melakukan akses ke Mikrotik kamu karena pada mikrotik juga sudah menyediakan Fitur IP Cloud yang memungkinkan kamu untuk melakukan remote jarak jauh, kamu bisa membaca penjelasan lengkap bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Ip Cloud Mikrotik disini.

Tinggalkan Komentar Anda dibawah ini :
Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon